Khalila Butik Hijab Syar'i

Wednesday, April 24, 2013

Makna Satu Kata #18 PROSES: Melihat Sekeliling Jalan

Setiap kita melangkah pasti ada tujuan yang hendak dicapai. Biasanya, kita menetapkan tujuan itu di awal sehingga kita dapat menentukan jalan mana yang hendak kita lalui. Kita ingin sampai lebih cepat atau lambat, kita sendiri yang menentukan. Tujuan yang ditetapkan, itulah visi. Jauh memandang ke depan tanpa merisaukan yang terjadi hari ini. Namun, kita tidak terlena dan berpuas diri pada keadaan yang kita capai sekarang. Setelah tujuan ditetapkan, ada yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Apa itu?

Ya, tentu saja kita harus bersedia melalui prosesnya tahap demi tahap. Tanpa mengenal lelah dan selalu sabar menjalani sesuai dengan aturan mainnya. Kita pahami benar  bahwasanya dalam proses tidak ada yang lebih penting ketimbang yang lain. Semuanya penting untuk kita resapi. Hanya saja, ada prioritas yang kita jadikan tolok ukur untuk fokus mengerjakan yang lebih berarti daripada mengurus yang remeh-temeh. Jalani saja seluruh prosesnya dengan baik. Kita beri waktu pada diri kita untuk mendesain peta arah jalan untuk mencapai visi besar kita, itulah misi. Misi yang baik, bukan saja misi yang dirancang apik. Tapi misi yang sempurna adalah yang dapat dikerjakan.

Visi selangit, misi membumi. Kita boleh berangan tinggi, namun dalam proses mencapainya harus dapat dilampaui. Ada seribu jalan yang dapat kita lalui, tetapi hidup butuh berstrategi agar kita pandai memilih jalan yang tepat. Supaya tidak tersesat atau terlalu lama terombang-ambing di jalanan karena  jalan yang kita pilih terlampau jauh dari sasaran.

Dalam proses, ikutilah alurnya dengan baik. Belajarlah menikmati proses. Lihatlah sekeliling jalan tersebut, akan ada banyak hal yang dapat kita ambil pelajaran. Kita tidak akan pernah kehabisan bekal, karena kita terus mengisi bekal kita dengan terus belajar memperbaiki diri. Kita akan lebih sabar untuk tidak mengambil jalan pintas. Learning by doing, do it step by step. Percayalah, kalau kita dapat menghadapi berbagai rintangan dan tidak lari dari masalah maka Allah akan mempermudah. Jadi, tidak ada alasan untuk menghindar. Kita hadapi secara jantan dan bertanggungjawb pada pilihan. Belajar mengikuti tahapan itu akan membawa kita sampai tujuan tepat waktu. Kalau lompat-lompat mencapainya, bisa-bisa kita kelelahan. Rencanapun bisa saja berantakan.

Proses yang benar dan sabar, melahirkan hasil yang besar. Kita belajar memaknai sebuah proses dengan cara mengalaminya. Pandai-pandailah mengambil hikmah dalam perjalanan mencapai tujuan yaitu dengan cara memperhatikan sekeliling jalan yang terbentang di hadapan kita. Kita akan semakin sadar akan kebesaran-Nya. Tidak mungkin jika Allah menakdirkan kita hidup di dunia tanpa arti. Tinggal kita yang sigap untuk mengambil sikap atau sebaliknya.

Khalila Indriana, 2013.
100 hari penuh inspirasi.

No comments:

Post a Comment