Khalila Butik Hijab Syar'i

Sunday, April 21, 2013

Makna Satu Kata #16 KLIK: Menemukan Daya Tarik

Setiap hari, ribuan bahkan jutaan tulisan baru hadir di jagat kepenulisan. Saya mencoba meneruskan hobi lama yang cukup menarik, ringan dan menyenangkan yaitu blog walking. Saya sangat menikmati saat melahap halaman demi halaman, menjelajah dari satu blog ke blog yang lain. Baik tulisan dari penulis yang sama maupun terlebih dulu menentukan satu tema, kemudian berusaha membaca dari sudut pandang penulis yang berbeda-beda.

Hal ini cukup membantu saya menyegarkan pikiran yang mulai buntu dengan informasi yang sangat cepat berubah. Jujur saya lebih menyukai bacaan yang ditulis secara matang daripada menyimak berbagai berita. Misalnya, koran harian  yang selalu menyajikan informasi terkini tetapi hanya sedikit yang dapat terserap. Berita yang sekedar numpang lewat dan mudah terlupakan. Kecuali berita yang ditayangkan secara berulang-ulang.

Alhasil, saya lebih banyak membaca tulisan yang habis dibaca sekali duduk. Tetapi, tidak semua jenis tulisan blog saya baca. Tentu saja pilihan utama saya jatuh pada tulisan yang sesuai dengan minat dan yang ditulis oleh penulis favorit saya. Hehe. Lalu, apa yang saya lakukan? Pertama, pastinya melihat judul. Saya lihat sekilas bahasa yang digunakan. Meskipun tulisannya berat, jika terbaca bahasanya enak dan mengalir maka saya lanjutkan untuk membaca. Terkadang, tulisan yang ringan tapi terlalu singkat ala kadarnya seringkali membawa efek ketidakpuasan setelah membaca. Ibarat makan kerupuk, renyah dikunyah tapi tidak membuat kita kenyang.

Tulisan yang bagus menurut saya adalah yang memiliki daya tarik pembacanya. Ada pemantik yang membuat pembaca tertarik dulu, kemudian ia tidak akan rela berhenti sebelum kalimat terakhir. Pembaca cukup dibuat merasa sedikit tahu dari keseluruhan pembahasan sehingga ia tergelitik untuk membacanya sampai tuntas. Bukan sama sekali tidak tahu. Jangan sampai di awal membaca ia bertanya-tanya lalu sampai tulisan habis yang ia peroleh justru malah semakin kebingungan.

Tulisan yang terlalu banyak memuat informasi yang sudah umum juga dapat membuat pembaca lekas bosan. Sepanjang tulisan ia terus manggut-manggut dan ber-oo ria. Karena dalam hati ia sudah tahu atau sudah pernah membaca sebelumnya. Beberapa kali saya temui jenis penulis yang terkesan tidak percaya pada pembacanya. Seolah-olah hanya penulis yang tahu dan takut tulisannya tidak dimengerti.

Saya sendiri belum menemukan rumus khusus untuk menentukan sesuatu yang menarik dari tulisan-tulisan saya. Bagi saya menarik, ternyata itu bukan yang paling menarik menurut pembaca. Tapi saya yakin bahwa setiap penulis memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki bahasa komunikasi yang unik dengan pembacanya. Daya tarik yang membuat pembaca merasa klik dan larut pada apa yang ingin disampaikan.

Jadi, kalau boleh saya tahu... Apa yang membuat Anda tertarik membaca tulisan saya? Semoga ada yang mau mengatakannya agar saya dapat semakin belajar.

Khalila Indriana, 2013.
100 hari penuh inspirasi

No comments:

Post a Comment